Hubungan Antara Miom Dengan Tingkat Stress Pada Wanita

Hubungan miom dengan tingkat stres – Mioma atau biasa juga disebut mium ini dalam istilah kedokteran disebut fibrioma ialah suatu jenis penyakit yang tergolong dalam tumor jinak ini terdapat di dalam dinding rahim wanita yang sedang dalam masa subur. Miom tersebut akan tumbuh secara perlahan dan biasanya baru akan terdeteksi setelah penderita berumur 30 sampai 40 tahun. Salah satu faktor yang sangat berkaitan dengan penyakit miom ialah hormon, yaitu hormon estrogen yang hanya ada pada wanita dan akan meningkat drastis ketika memasuki masa menstruasi atau seorang wanita mengalami stress.

Tidak jarang mioma sering disama artikan dengan kista. Padahal dua penyakit tersebut memiliki perbedaan yang jelas. Berdasarkan letaknya ,miom bisa dibagi menjadi 3 yakni mioma intramural (didalam otot rahim), Subserosa (dibawah lapisan serous,menonjol ke arah rongga perut), serta juga Submukosa (menonjol ke arah rongga rahim). Sebagian ahli berpendapat bahwa miom bisa terjadi karena adanya perangsangan hormon estrogen terhadap sel-sel yang ada di otot rahim. Oleh karena itu sangat jarang ditemukan penyakit ini pada anak-anak usia pubertas,bahkan nyaris tidak pernah. Karena anak-anak pada usia tersebut belum ada rangsanag estrogennya. Sementara pada wanita yang telah mengalami menopause hormon estrogennya berkurang,sehingga miom biasanya mengecil.

Miom cenderung berkembang pada masa reproduksi dan dapat bertambah besar dengan cepat selama kehamilan,yang mana kadar estrogennya sangat tinggi. hormon lain misal progesteron juga dapat mempengaruhi pertumbuhan miom.

Stess,daya tahan tubuh rendah,gaya hidup yang tidak seimbang dapat menjadi faktor lain yang mengganggu hormon didalam tubuh,sehingga memungkinkan miom tumbuh. Jumlah kalori pada tubuh juga dapat mempengaruhi ukuran besar kecilnya kiom. Miom akan tumbuh dengan cepat jika anda tidak mengontrol timbunan kalori yang dikonsumsi. Baca juga artikel tentang obat miom alami yang ampuh.

Miom juga dapat terjadi karena adanya faktor bakat yang kemudian dipicu oleh rangsangan-rangsanagn hormon (karena emosi tidak stabil),makan sembarangan dan berat badan yang berlebihan. Rangsangan-rangsangan tersebut yang membuat pertumbuhan liom lebih cepat. namun pertumbuhan miom paling sedikit memerlukan waktu sekitar 8 tahun.

Gejala Umum Miom
Pada umumnya miom sulit dideteksi karena tidak menimbulkan gejala apapun ketika masih berukuran kecil, apabila miom sudah tumbuh cukup besar biasanya akan timbul gangguan seperti:
1. Siklus haid yang tidak teratur
2. Masa haid dengan jumlah yang banyak
3. Merasakan nyeri seperti digigit semut selama masa menstruasi
4. Merasakan nyeri panggul yang berkepanjangan
5. Perut membesar dan terasa kenyal bila diraba
Apabila anda sudah merasakan gejala seperti diatas alangkah baiknya anda segera memeriksakan diri dan lakukan pencegahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *